#MasakYuk Ayam Teriyaki


                Tau tidak salah satu hal yang membuat perempuan feel so happy happy? Benar! Itu adalah punya waktu untuk memasak. Sabtu ini, berhasil banget doing some kerjaan perempuan sebelum kembali ke kesibukan lain-lain. Salah satunya adalah belanja-belanja kecil ke pasar dan niat buat makan masakan sendiri yang harus enak banget! Nah sebelumnya terima kasih banget dong teruntuk cookpad yang selalu jadi andalan inspirasi resep anak muda. Berkat inspirasi Cookpad, Ayam Teriyaki saya bisa berhasil (dalam versi saya sendiri). Hehe.

Uhuy


                Nah gara-gara excited sendiri dengan hasil masakan sendiri, saya berpikir ini penting untuk berbagi resep yang saya pakai. Dengan beberapa perubahan karena keterbatasan bahan, kehematan biaya, penyesuaian selera, dan modal coba-coba rasa, here we are! Ayam Teriyaki ala Amelia Rizki.

Bahan-bahan :
1.       125 gr dada ayam (dipotong-potong)
2.       1 siung bawang putih (dicincang kasar)
3.       2 siung bawang merah (dicincang kasar)
4.       2 sdm kecap manis
5.       Secukupnya saus tiram
6.       Secukupnya saus teriyaki
7.       Secukupnya lada
8.       Secukupnya garam
9.       Secukupnya gula
10.   7 cabai rawit
11.  Biji wijen

Tahapan memasak:

  1. Cuci daging ayam dengan air mengalir dan harus sebersih-bersihnya
  2. Rebus daging ayam dalam air mendidih hingga setengah matang. Sebenarnya ini opsional sih, tapi berhubung saya agak parno dengan daging yang kurang matang, maka saya rebus dulu agar hilang rasa was-wasnya
  3. Sembari menunggu daging ayam, persiapkan bumbu-bumbu
  4. Daging ayam yang sudah setengah matang, diangkat. Lalu mulai siapkan penggorengan untuk menumis
  5. Tuang sedikit minyak ke atas penggorengan lalu masukkan bawang putih dan bawang. Tumis sampai harum (fyi, aku pakai api sedang agar supaya tidak mudah overcooked)
  6. Lalu masukkan daging ayam yang sudah ditiriskan ke penggorengan. Tumis sebentar
  7. Masukkan sedikit air ke daging ayam tersebut
  8. Masukkan kecap manis, saus teriyaki, saus tiram, lada, garam, gula, dan cabai yang sudah dipotong-potong
  9. Aduk-aduk sebentar (kalau ada tutup penggorengan lebih bagus, biar bumbu lebih meresap, tapi karna di kos tutupnya ngga ada, jadi ya ngga apa-apa terima aja hehe
  10. Uji rasa. Sedikit diicip, kalau ada yang kurang ditambahkan. Kalo pengalaman saya, saya tambahkan air dan gula. Sesuai selera pokoknya
  11. Taraaa! Sudah ayam teriyaki sudah siyap dong. Angkat dan hidangkan di atas piring. Oiya, terakhir tambahkan wijen secukupnya di atas ayamnya J
Jadi kurang lebih seperti itu teman-teman. Begitu sederhana ala-ala anak kos, hemat, dan rasanya boleh dicoba. Serius weh, bisa jadi moodbooster untuk beraktivitas selanjutnya. Selamat mencoba! Yippi yippi!

Comments

Popular posts from this blog

Book Review : Art of Dakwah

Menghadapi Perempuan