Book Review : Generasi Langgas Millenials Indonesia


Buku ini sudah agak lama di rak buku. Dulu sudah dibaca, tapi minim dipahami. Sangat dan sangat sayang sekali. Padahal bagus. Maka di suatu Minggu yang luang, diputuskanlah untuk membaca ulang buku ini.

Judulnya Generasi Langgas Millenials Indonesia. Karya Yoris Sebastian, penulis yang terkenal dengan buku-bukunya yang banyak mengulas about creativity and millenials. Dan menurut saya, buku ini, tentu saja sangat millenials!

Generasi Langgas; bercerita tentang generasi yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000. Generasi yang orang sering menyebutnya sebagai generasi Y atau generasi millenials. Tahun 1980-2000 adalah kelahiran para manusia yang berbeda dengan manusia-manusia sebelumnya. Berbeda dari segi karakter, cara belajar, dan cara memandang suatu hal. Selama ini banyak orang mengatakan bahwa generasi sekarang itu maunya instant, tidak mau susah dan malas menerima proses. Tidak salah sih, tapi kok terkesan banyak buruk dibanding baiknya? Padahal kan,  tidak juga.

Nah buku ini lah yang akan memberikan banyak pandangan baik dan potensi-potensi yang bisa digali dari generasi millenials. Banyak pandangan berbeda ditawarkan. Contohnya yang saya suka di halaman-halaman awal adalah kalimat yang berbunyi bahwa millenials merupakan fast generation not instant generation. Yang maksudnya bukan berarti kids jaman now itu tidak mau belajar berproses, tapi sebuah efisien. Misal, daripada lama mengerjakan sesuatu yang bakal direvisi banyak, mending diberi contoh dan mereka akan mengerjakan lebih baik dari yang dicontohkan. Sepakat banget kan! Ahaha.

Buku ini juga banyak bercerita tentang kisah-kisah millenials yang sangat berani dalam choose their life way. Salah satunya kisah tentang Aang Permana yang punya banyak pengalaman, relasi, dan uang. Namun pada akhirnya memilih kembali pulang ke kampung halaman dan mendirikan “sesuatu” di sana. Mendirikan usaha yang memberi dampak sosial dan keuntungan bagi dirinya. Yaash, millenials itu salah satunya adalah tentang keberanian dalam memutuskan.

Bagian kesukaan saya di buku ini adalah tentang Financial Help, tips apa-apa yang bisa dilakukan oleh anak muda demi mewujudkan kemerdekaan finansialnya. Ya Allah, so nyindir permasalahan utama mahasiswa kos jaman now wkwk :”)

Nah sampai situ saja, saya tidak akan nge-review secara banyak dan detail karena sejatinya, saya takut menawarkan ekspektasi. Jadi untuk lebih lengkapnya nanti silakan baca sendiri. Serius, review ini bakal terlihat tidak membantu banyak karena sesungguhnya kalau sudah baca bukunya, akan sangat lebih bagus dari ini. Intinya buku ini recommended banget! Akhir kata, selamat penasaran! Semoga kita makin jadi rajin baca buku yang bagus-bagus seperti buku ini ya :”)

Fyi ada stiker-stiker lucu di dalam buku ini ahaha, makin suka dong saya
Nah ini after saya tempelin stiker-stiker wkwk

Comments

Popular posts from this blog

Book Review : Art of Dakwah

Menghadapi Perempuan